Metode Pembelajaran dan Sistem informasi Manajemen Pembelajaran Kurikulum 2013 PAUD TK

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan pendidik dalam melakukan kegiatan pembelajaran kepada anak untuk mencapai kompetensi tertentu. Metode pembelajaran dirancang dalam kegiatan bermain yang bermakna dan menyenangkan bagi anak. Beberapa metode pembelajaran yang dianggap sesuai untuk TK, di antaranya adalah sebagai berikut. 

Gambar Anak berdiskusi Sumber : Gambar TK Alam Pelopor

1. Bercerita

Bercerita adalah cara bertutur dan menyampaikan cerita secara lisan. Cerita harus diberikan secara menarik. Anak diberi kesempatan untuk bertanya dan memberikan tanggapan. Pendidik dapat menggunakan buku sebagai alat bantu bercerita.

2. Demonstrasi

Demonstrasi digunakan untuk menunjukkan atau memeragakan cara untuk membuat atau melakukan sesuatu.

3. Bercakap-cakap

Bercakap-cakap dapat dilakukan dalam bentuk tanya jawab antara pendidik dan peserta didik atau antara anak..

4. Pemberian tugas

Pemberian tugas dilakukan oleh pendidik untuk memberi pengalaman yang nyata kepada anak baik secara individumaupun secara berkelompok.

5. Sosio-drama/bermain peran

Sosio-drama atau bermain peran dilakukan untuk mengembangkan daya khayal/imajinasi, kemampuan berekspresi, dan kreativitas anak yang diinspirasi dari tokoh-tokoh atau benda-benda yang ada dalam cerita.

6. Karyawisata

Karyawisata adalah kunjungan secara langsung ke objek-objek di lingkungan kehidupan anak yang sesuai dengan tema yang sedang dibahas.

7. Proyek

Proyek merupakan suatu tugas yang terdiri atas rangkaian kegiatan yang diberikan oleh pendidik kepada anak, baik secara individu maupun secara berkelompok dengan menggunakan objek alam sekitar maupun kegiatan sehari-hari.

8. Eksperimen

Eksperimen merupakan pemberian pengalaman nyata kepada anak dengan melakukan percobaan secara langsung dan mengamati hasilnya. 

Gambar Anak sedang memakai baju (Photo TK ABC Bogor)

Dukungan pada Pembelajaran

Untuk membantu pencapaian pembelajaran yang optimal, diperlukan dukungan di antaranya:

(a)    Media dan sumber belajar yang sesuai dengan kegiatan yang dilaksanakan;

(b)    Pendidik dan tenaga kependidikan yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang relevan;

(c)    Keterlibatan orang tua; dan

(d)    Keterlibatan instansi terkait (misalnya: puskesmas, pemadam kebakaran, kepolisian, dll) dalam kegiatan pembelajaran yang sedang dilaksanakan.

Sistem informasi Manajemen

Media yang dibutuhkan untuk mensosialisasikan informasi manajemen pada TK, contoh:

(a)    Papan pengumuman

(b)    Brosur

(c)    Buku panduan TK

(d)    Media cetak dan elektronik

(e)    Pengelolaan data peserta didik, Misalnya: dalam bentuk grafik

(f)     Pengelolaan data guru, misalnya: dalam bentuk tabel

(g)    Data registrasi peserta didik

Rujukan Pembelajaran

1)     Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014, tentang Standar PAUD.

2)     Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014, tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini.

Posting Komentar

0 Komentar